Kamis, 17 Mei 2012

KAMERA


Sekarang ini banyak sekali berbagai jenis dan model alat foto atau kamera. Dari yang sangat sederhana sampai yang canggih. Dari yang harganya ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.
Dari berbagai merek dan jenis kamera bisa dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu :
KAMERA RANGFINDER (Rangfinder Camera)
Kamera jenis ini biasanya bentuknya sangat ringkas, malah sekarang lebih banyak yang serba otomatis termasuk lampu kilat yang sudah ada di badan kamera yang akan menyala sendiri apabila diperlukan.
Ciri-ciri dan sekaligus kelemahan dari kamera jenis ini adalah adanya jendela pengamat (view finder-window) yang berada di atas lensa kamera. Sedangkan media menangkap subjek yang ada di bawah jendela pengamat, sehingga ada perbedaan antara pandangan pemotret dan media yang merekam gambar. Perbedaan tersebut dinamakan PARALAX.
KAMERA SLR (Single Lens Reflex Camera)
Perbedaan pandangan atau PARALAX tersebut tidak ada pada kamera SLR  karena, apa yang dilihat oleh pemotret melalui pengamat (view finder) adalah refleksi bayangan subjek yang melewati suatu lensa yang sama juga akan mengenai media. Jadi apa yang dilihat oleh pemotret melalui view finder akan sama seperti apa yang ditangkap oleh media. Dengan demikian pemotret bisa lebih mudah mengatur baik ketajaman (fokus) maupun komposisi kamera.


Sumber  : Handout SAV Puskat, Yogyakarta

0 komentar:

Posting Komentar